Asal-Usul Banjarmasin

 

         Pada zaman dahulu ada seorang panglima bernama Patih Masih ,ia ingin menjadikan sebuah desa yang lokasinya strategis menjadi sebuah kerajaan .
          Suatu hari, dia berunding dengan beberapa panglima lain . Akhirnya , mereka sepakat untuk mendirikan sebuah kerajaan yang diberi nama Kerajaan Banjar, dengan rajanya ,yaitu Pangeran Samudra. Kerajaan Banjar tumbuh pesat di bawah pemerintahan Pangeran Samudra . Keberhasilan ini membuat Pangeran Temanggung dari Kerajaan Daha, yang juga adalah paman Pangeran Samudra, iri dan berniat menyerang Kerajaan Banjar. Lalu Pangeran Samudra mengutus seorang panglima untuk meminta bantuan kepada Kerajaan Demak. “Boleh saja, asal Raja Banjar dan rakyatnya harus bersedia masuk Islam,” jawab Raja Demak. Maka datanglah Khatib Bayan, seorang pemuka agama Islam dari Demak , ke Kerajaan Banjar dan Pangeran Samudera. Pangeran Samudara kemudian berganti nama menjadi Sultan Suriansyah.
          Dengan bantuan pasukan Kerajaan Demak, Kerajaan Banjar berhasil mengalahkan pasukan Kerajaan Daha. Kerajaan banjar kemudian menjadi kerajaan Islam di Kalimantan Tengah dengan ibukota Banjar Masih. Masih di ambil dari nama patih yang pertama kali mendirikan kerajaan  Banjar, yaitu Patih Masih.
          Setelah mengalami beberapa kali perubahan nama, akhirnya pada Zaman Jepanfg menjajah Nusantara, Banjar Masih berubah menjadi Bandjarmasin. Kemudian setelah munculnya Ejaan yang disempurnakan , kota ini dikenal sebagai Banjarmasin.
 
 
 

                                                                   Buah Pena : Anita Sari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s